Thursday, March 7, 2013

MAKNA GELAR-GELAR YESUS BAGI KITA

Umat Kristiani mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan, anak Allah, dan juruselamat. Apa makna gelar-gelar Yesus tersebut bagi kehidupan kita sebagai umat Kristiani?


1.      Umat Kristiani Mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan
Jika kita mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan, maka itu berarti :
o   Kita menjadikan Yesus sebagai pimpinan atau junjungan yang mengarahkan hidup kita. Hidup kita setiap hari ada di dalam pimpinanNya.
o   Kita menjadikan kata-kata Yesus sebagai kata terakhir, sebab kata-kataNya adalah ukuran terakhir dan tertinggi.
o   Pengakuan kita terhadap Yesus merupakan pengakuan iman yang merupakan semboyan perjuangan sampai tuntas. Yesus Tuhan dulu dan sekarang. Pengakuan ini adalah suatu sikap penyerahan diri kepadaNya dengan segala resiko.

2.      Umat Kristiani mengakui bahwa Yesus adalah Anak Allah
Jika kita mengakui bahwa Yesus adalah anak Allah, maka itu berarti :
o   Yesus merupakn teladan bagi kita dalam hal ketaatan kepada kehendak Allah daripada ketaatan kepada kehendak sendiri.
o   Yesus adalah pribadi yang menampilkan wibawa dan pesona Ilahi. Orang yang berhadapan dengan Yesus berarti berhadapan dengan wibawa dan pesona Ilahi itu.
o   Yesus dekat dengan Allah yang tersuci dan pantas dihormati. Sebutan itu menumbuhkan rasa devosi dan penyerahan diri.

3.      Umat Kristiani mengakui bahwa Yesus adalah Juru Selamat
Jika kita mengakui bahwa Yesus adalah Juru Selamat, maka itu berarti :
o   Kita bersedia mengikuti Nya dan bersedia dibabtis sebagai tanda iman akan tawaran keselamatan dari Yesus.
o   Kita menjadikan Yesus sebagai penolong untuk sampai kepada Allah, karena kita tidak dapat menolong diri kita sendiri di hadirat Allah.
o   Kita percaya bahwa Yesus telah membebaskan kita Dari dosa dan maut; menunjukkan diri sebagai orang yang telah diselamatkan, kita hidup sesuai dengan firmanNya.