Thursday, March 21, 2013

MASALAH BANGSA DAN SUMBANGAN GEREJA INDONESIA DALAM PENANGANAN KRISIS MULTI DIMENSI

MASALAH BANGSA DAN SUMBANGAN GEREJA INDONESIADALAM PENANGANAN KRISIS MULTI DIMENSI

1.      Situasi Negara Kita
Nagara kita sudah sejak lama mengalami krisis multi dimensi :
a.      Krisis Lingkungan Hidup
Alam negeri kita sering dirusak dan dieksploitas secara tidak bertanggung jawaboleh tangan-tangan yang kotor dan bernafsu serakah. Kebakaran hutan yang menimbulkan bencana asap, penebangan hutan besar-besaran, dan pencemaran lingkungan oleh pabrik-pabrik merupakan contoh-contoh yang menunjukkan bahwa alam kita sedang dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kemajuan kita sering terarah kepada “ menguasai alam”.

b.      Krisis Ekonomi
Telah banyak kemajuan yang telah dicapai dalam pembangunan di Indonesia. Namun, pembangunan kita yang kita gencarkan menimbulkan pula kesenjangan sosial yang sangat besar. Segelintir orang semakin kaya, semakin berkuasa, dan semakin sewenang-wenang, sedangkan sebagian besar rakyat kita tetap miskin, bahkan semakin miskin. Timbul berbagai bentuk monopoli, kolusi, korupsi, dan sebagianya. Kehidupan ekonomi kita masih kurang kokoh. Sekarang kita masih menghadapi krisis moneter, harga berbagai kebutuhan hidup dan jasa meningkat. Yang menderita selalu rakyat kecil.

c.       Krisis Politik
Harus kita akui bahwa ada kemajuan di bidang politik, yakni masyarakat kita telah banyak berdemokrasi dan bersikap otonom. Ada suasana kebebasan. Namun, lembaga-lembaga yang menjamin kedaulatan rakyat tidak senantiasa berfungsi dengan baik. Hukum dan lembaga-lembaga hukum kadangkala tidak jalan. Kekuasaan Legeslatif, eksekutif, yudikatif dan partai-partai digunkan untuk menjamin kepentingan diri sendiri atau golongannya/kelompoknya sendiri. Korupsi dan kesewenang-wenangan terasa semakin subur.

d.      Krisis Budaya dan Pendidikan
Cukup lama pemabangunan negeri kita melalaikan pendekatan budaya. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan ekonomi dan politik. Mutu pendidikan kita terus merosot.

2.      Akar dari Semua Masalah
Menurut banyak pakar dikatakan bahwa sumber dari semua krisis itu adalah krisis moral. Bangsa kita seperti kehilangan hati nurani. Hal buruk secara moral yang paling terasa adalah :
a.       Ketidakadilan : yang kaya berkuasa semakin berjaya, sedangkan yang miskin (rakyat kecil) semakin terpuruk. Kesewenang-wenangan masih cukup banyak terjadi.
b.      Ketidakjujuran : melahirkan korupsi dan nepotisme. Kemunafikan dan formalisme masih cukup terasa.
c.       Tidak adanya kesetiakawanan : keserakahan demi kepentingan diri sendiri dan golongan merebak.

3.      Peranan dan Sumbangan Gereja
Dalam melaksanakan tugas kenabiannya, Gereja harus selalu berjuang dengan berbagai cara supaya keadilan, kejujuran, dan kesetiakawanan ditegakkan. Gereja hendaknya berjalan paling depan dalam gerakan menegakkan keadilan, kejujuran, kesetiakawanan, maka krisis ekonomi, politik, budaya, dsb. Akan dapat teratasi. Penanganan secara konkret untuk semua bidang hidup akan berjalan dengan baik.
Apa yang dapat kalian ditangani dengan situasi dan kemampuannya?