Tuesday, March 25, 2014

PENGGENAPAN HUKUM TAURAT

Matius 5:17-19 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.



***Dalam bacaan injil hari ini JESUS mengatakan, ".........AKU datang bukan untuk meniadakan humum taurat, tetapi untuk menggenapinya"
Jadi jelaslah bahwa JESUS tidak meniadakan hukum taurat, namun justru menggenapinya,.menyempirnakannya.
JESUS menaati hukum taurat dan dilengkapinya dengan kasih dalam sehingga menjadi sempurna.
Para ahli taurat dan orang farisi melaksanankan hukum taurat tanpa disertai Kasih, mereka memaknai secara baku, bahkan menjadikan alasan untuk kepentingan mereka. Mereka melaksanakan hanya secara lahiriyah agar mereka tampak suci.
Dalam kehidupan JESUS selalu mengutamakan kasih diatas segalanya.
Dan seperti JESUS katakan " KASIHILAH TUHAN ALLAH,mu dengan segenap akal budimu.........., Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, itulah isi seluruh hukum taurat dan kitab para nabi "
Jika kita renungkan secara mendalam sangat benar, karena semua yang diajarkan tercakup didalamnya.
*Mencintai ALLAH dengan segenap hati dan akal budi, ........
**mencintai sesama seperti diri sendiri berarti memperlakukan sesama dengan perlakuan yang ingin kita terima orang lakukan terhadap kita . Kalimat tersebut bermakna sangat dalam, jadi kita memperlakukan sesama seperti apa yang kita inginkan orang lakukan terhadap kita. Dengan demikian tentulah kita akan melakukan yang terbaik.
Jadi jika kita telah melaksanakan itu dengan benar sangat sempurna. Jadi sangatlah tepat dan sempurna apa yang diajarkan JESUS.
Marilah kita berusaha melaksanakannya dengan segenap hati.
TUHAN MEMBERKATI