Wednesday, March 26, 2014

HATI YANG SETIA

Bacalah Kisah Para Rasul 1:12-26

Hati yang Setia

... Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. •Mat. 25:40




Putriku bertanya, ”Ibu, siapa yang menggantikan tempat Yudas setelah ia mati?” Aku menjawab dengan yakin, ”Matias.” Beberapa saat ia memikirkannya, lalu bertanya, ”Apa yang telah ia lakukan bagi Yesus?” Aku bingung mendengar pertanyaan seorang anak berusia enam tahun ini.

Aku mencari di Alkitab ayat lain yang menyebutkan tentang nama Matias, tetapi tidak menemukannya. Namun, saat para rasul tengah mendiskusikan pengganti Yudas, mereka memilih dari mereka yang telah bersama kelompok mereka sejak Yesus dibaptis hingga saat kenaikan-Nya ke surga. Mereka memperkecil jumlahnya menjadi dua orang, Yustus dan Matias. Mengapa mereka yang dipilih? Alkitab mengatakan bahwa mereka telah ada sejak awal. Mereka setia—tidak mencolok memang, tetapi setia.

Memberi makan orang sakit, mengunjungi seseorang di penjara, melayani di jemaat, menawarkan diri menolong di sekolah Injil liburan, atau meluangkan waktu untuk berdoa bagi para pemimpin gereja mungkin tampak bukan sesuatu yang berarti. Namun, hal itu berguna bagi Kerajaan Allah. Allah tidak mencari orang supaya terkenal; Dia mencari orang yang berhati setia. Jadi, memparafrasekan pertanyaan putriku, ”Apa yang Anda lakukan bagi Yesus?”

Doa: Tuhan terkasih, kadang usaha kami terasa tidak berarti. Tolong kami untuk menyadari bahwa apa pun yang kami lakukan demi menolong orang yang membutuhkan, kami melakukannya untuk-Mu. Amin.


Pokok Pikiran: Apa yang Anda lakukan demi menghormati Kristus?